Laksanakan Pelatihan Dan Rapat Kerja Pemantau Pilkada, GMNI Focus 4 Segmen

Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Serang, melaksanakan pelatihan dan rapat kerja pemantau pemilu Kepala Daerah Kabupaten Serang. Yang dilaksanakan di Villa Cimenti Pabuaran Serang. (3-4/9/2020)

Ketua (DPC GMNI) Serang Arman Maulana Rachman mengatakan, Pelatihan dan rapat kerja ini sebagai tindak lanjut setelah terakreditasinya
(GMNI) Serang, sebagai pemantau pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Serang, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang.

“Setelah melaksanakan rapat kerja (DPC GMNI) Serang, akan focus memantau 4 Segmen dalam Pilkada tahun ini, diantaranya Politik uang, isu sara, keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan, persiapan penyelenggara di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya (4/9/2020).

Komisioner (KPU) Kabupaten Serang Zainal Muttaqin menyampaikan ditempat acara, yang telah terdaftar sebagai pemantau Pilkada 2020, harus mampu menunjukan kemampuanya dalam setiap tahapan yang ada. Pada tahapan Pilkada 2020 sampai dengan berakhir nanti, (GMNI) tidak hanya jadi penonton, tapi menjadi bagian yang aktif dalam melakukan pemantauan.

“GMNI sebagai Lembaga independen yang akan melakukan pemantauan, harus menjaga imparsialitas, netralitas, jujur dan adil. Kepentingan umum dan akuntabel dalam melakukan kerja pemantauanya,” ujarnya

Fierly Murdlyat Mabrurri selaku alumni (GMNI) Serang, sekaligus Komisioner (KPU) Kota Serang. Menyampaikan dalam pembukaan acara, upaya (GMNI) melibatkan diri menjadi pemantauan pemilu, adalah aksi pendidikan politik yang sehat. Karna itu harus di apresiasi, dan selalu menjadi penyeimbang. Bukan saja mampu mengoreksi missprosesural selama tahapan, akan tetapi mampu mengkeritisi pelaku kandidat.

“Gerakan pemantau pemilu, (GMNI) harus menjamin tercapainya kedaulatan pemilih, dan harus melakukan edukasi kepada pemilih agar terhindar dari pelaku politik uang,” ungkap Firly saat membuka agenda acara. (3/9/2020) (Sofyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *