GMNI Serang Buka Posko Pengaduan Pilkada Untuk Lindungi Hak Pilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, telah melaksanakan sejumlah tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Salah satu tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU Kab Serang adalah, Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang digelar Rabu, (15/07/2020).

Proses (Coklit) dilakukan di 29 kecamatan se-Kabupaten Serang, dari 15 juli sampai dengan 13 agustus 2020, oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilu (PPDD).

Jantri Sunurat selaku sekertaris tugas (DPC GMNI) Serang menyatakan, (Pilkada) 2020 yang dilanda pandemi Covid-19 menjadi kendala utama dari (PPDB), dikarenakan proses (Coklit) dilakukan dari rumah kerumah, dimana harus dilakukan dengan prosedur protokol kesehatan yang menyebabkan tidak maksimal pendataan, sehingga ada warga yang tidak terdaftar dan terjaring dalam proses ini.

“Untuk mengatasi semua kendala dalam proses (PPDB), yang mengakibatkan tidak terdaftarnya pemilih. (GMNI) sebagai pemantau pemilu yang terakreditasi di (KPU) Kabupaten Serang, membuka posko pengaduan selama tahapan pilkada ini sebagai bentuk kepedulian. Pentingnya akan hak pilih dan jangan sampai ada kalalaian dalam proses ini, sehingga ada warga yang kehilangan hak pilihnya,” Ujarnya

Selanjutnya, menyampaikan aduan yang masuk ke layanan yang dibuka (GMNI), akan diproses dan diverifikasi untuk nanti ditindaklanjuti, sehingga nantinya bisa diproses dan masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kita akan mengawal proses (Pilkada) sampai, agar tercipta pemilu yang bersih dan berintegritas, katanya. (04/09/2020) (Sofyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *